Surat ni Ompung Edison Nababan

Hari ini Selasa, 26 Oktober 2010 saya terima e-mail dari Ompung St Drs. Edison Nababan, B.Sc.M.Sc, setelah saya kirim email 6 (enam) hari sebelumnya 20/10/2010 dan positive sambutan beliau cukup hangat, bahasanya santun, terkesan mengayomi dan dengan gaya bahasa yang mencerahkan.

Sebenarnya saya belum pernah bertemu dengan beliau, tetapi saya percaya beliau adalah orang yang baik.

St. Drs. Edison Nababan, B.Sc.M.Sc, tersirat dari gelar yang disandangnya beliau adalah seorang penatua, practicy academic dan menurut informasi yang saya dengar beliau adalah rektor di salah satu universitas swasta di daerah Jakarta Timur (untuk kejelasannya mudah-mudahan satu saat bisa ketemu beliau – molo salah unang pola muruki ahu ompung dah! )

Surat beliau adalah untuk meluruskan pendapat keliru dari dongan sabutuha gomparan (keturunan) dari PAMONA MANGAMBITTUA, supaya jangan sampai salah, terikut atau hilang.

Pamona Magambittua adalah Borsak Mangatasi sesuai dengan tona ni ompung marsundut-sundut

Berikut adalah surat beliau yang saya copy paste tanpa merubah isi suratnya

Maulaite ma di ho pahompu hasian, molo adong dongan na hansit boltokna ndang gabe dohot iba hansitan, molo tung pe songoni pamotoanna ba ibana ma nasari disi.

Alai ianggo hita pomparan ni omputa Mangambittua na sian huta Hitetano, sesuai dohot tona ni ompung ni omputa (marsundut-sundut) jelas do hita turunan ni Borsak Mangatasi Nababan.

Jala molo sai adong pe marga Silaban mandok Pamona Mangabittua adalah turunan ni Silaban, mauliate ma dinasida.

Mungkin ra ala naung torop so piga do pomparan ni Pomona Mangabittua, gabe sai naeng tarihon ni nasida gabe marga Silaban.

Alana puang pomparan ni Omputa Mangambittua molo di pangarantoan nunga godang ra naung manjalo pasu-pasu.

Jala molo di Jabodetabek nunga dipatujolo pomparan ni Borsak Mangatasi keturunan ni Pamona Mangabiitua i (untuk kepengurusan ni Punguanta Sejabodetabek periode 2008 s/d 2012.

Ketua Umum / Jairus Nababan/br Sibarani (Op.Gebi) dan Sekretaris Umum/ St Drs. Edison Nababan, B.Sc.M.Sc/Dra.H.br Doloksaribu/(A.Yohannes)) sian Pomparan ni opputa Pamona Mangambitua.

Jadi ndang pola patorangon i tu ibana, alai ingkon tonahononta do tu pomparanta bahwa POMPARAN NI PAMONA MANGAMBITTUA NA SIAN HUTA HITETANO ADALAH POMPARAN NI BORSAK MANGATASI NABABAN.

JALA ADONG DO PIGA-PIGA HALAK NA MAMBAHEN MARGA SILABAN. NDANG SIIHUTHON I.

Horas Mardongan mauliate

St.Drs.Edison Nababan, M.Sc/A.Yohannes Nababan.

Bravo Hitetano!,

Mudah-mudahan dongan sabutuha nahurang jelas dope boi dapotan pencerahan dan tidak perlu mendebatkan hal ini, ingotma tona ni ompung marsundut-sundut

2 respons untuk ‘Surat ni Ompung Edison Nababan

  1. “Jala molo sai adong pe marga Silaban mandok Pamona Mangabittua adalah turunan ni Silaban, mauliate ma dinasida”

    Klo yang Silaban Itu “Datu Mangambe” (Silaban Siponjot),

    Tapi klo Oppung saya PAMONA “Datu Mangambit Tua Nai Borngin”, Gelar tersebut adalah nama Pemberian dari Raja Simanjuntak karena mempersunting Putrinya “Sitalian”.

    @Justinus, horas mauliate dihatorangan munai

    Justinus Nababan (No. 19 Putumording)

  2. HORAS DI HAMU AKKA TULANG KU MANANG DI DIA PE MARINGANAN” maaf sebesar besarnya kepada tulangku nababan dan silaban, yg berasal dari kecamatan silaen,huta hetetano,siriprip,huta sosor dan si papan,,
    Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada tulang saya semua, perihal permintaan saya sebagai bere, meminta tolong untuk di jelaskan, sejelas-jelasnya kaitan tarombo datangnya datu mangambit ke hite tano,yg memperistri br simanjuntak, membaca tarombo kaitan nababan, silaban yg berasal dari huta yg saya sebutkan tadi, banyak versi yg di buat para penulis di media online ini, contoh kecil= anaknya borsak junjungan ada 3, sala satunya, datu mangambe, atau datu mangambit,, pertanyaan saya; apakah datu mangambe datu mangambit,, sementara, bila saya baca jelas di atas ”Pamona Magambittua adalah Borsak Mangatasi sesuai dengan tona ni ompung marsundut-sundut,,
    pertanyaan berikut; 1:apakah beda datu mangambit dengan pamona mangambit tua.?
    2:kalau memang beda..tapi sama 2 punya istri boru simanjuntak, kalau memang beda mungkin pertanyan saya ini ,atau mungkin karena saya ngak tau banyak bertanya lagi.
    jadi mohon di berikan penjelasan kesaya. karena sebagai anak, saya tak mau marga mama saya salah, atau keliru.
    3; bantu aku, aku ingin menjelaskan ke mama saya mana yg paling benar sesungguhnya. mauliate. horas. tomu silaen

    @Tubu ni boru NAIBAHO,

    Horas Mardongan mauliate,

    on ma naboi hupatorang di sungkun-sungkun munai

    1. Apakah Datu Mangambe adalah sama dengan Datu Mangambit?

    On ma Alus nami :

    Datu Mangambe nabinoto marga Silaban do, alai molo Mangambit ba Marga Nababan ima naborhat sian Siborong-borong tu toba lumban gala-gala Balige (alai antar hira jarang do nibege di dok panjouna DATU MANGAMBIT, RAJA MANGAMBIT do nabinoto manang PAMONA manang PAILOHA), ia soripada ni mangambit ima dua do, ima Siboru Talian br Simanjuntak boru ni raja i Datu Silo Simanjuntak sian lumban gala-gala Balige (nadeba mandok si boru Tailan), dohot boru Hutagaol

    2. kalau memang beda..tapi sama 2 punya istri boru simanjuntak,

    On ma alusna :

    Ra ngahupatorang hami di sungkun-sungkun no. 1, dang sarupa datu Mangambe dohot datu Mangambit, sada do mangambit di hitetano dang adong dua personal Mangambit, nang gomparanna didia pe mangarerak, molo didok ompungna Mangambit, sian Hitetetano hutana, marga nababan doi, sada do Mangambit

    Patorang hamu songon napinatorang na mi i, molo tung adong hatorangan na asing ba ditambai akka dongan ma ate

Tinggalkan komentar